Beberapa Mitos Tentang Apple dan Kenyataannya

Nama Apple dekat dengan beberapa macam mitos. Jika diketahui bahwa mungkin saja mitos-mitos tersebut belum tentu benar. Dalam wawancara singkat, seorang mantan desainer dari produk Apple membeberkan kebenarannya.
Seorang mantan desainer yang pernah bekerja di Apple selama kurang lebih tujuh tahun, yakni Mark Kawano telah menguraikan beberapa mitos tentang Apple terutama terkait dalam desain.

Mitos 1: tim terbaik di dunia
Dikutip dari BGR, Menurut Kawano salah satu kesalahan pandangan terbesar tentang Apple adalah mengait bagaimana produk Apple dibuat. Kawano juga menjelaskan, bahwa banyak yang mengira jika Apple dapat merilis produk-produk yang unggul karena memiliki tim desainer terbaik di dunia.

“Anda tak akan mendapatkan ‘kekuatan super atau ‘sayap ajaib’ saat bergabung di Cupertino (lokasi markas Apple). Dari apa yang terjadi, Anda akan bergabung dengan organisasi yang memungkinkan akan menghabiskan waktu untuk merancang produk, bukannya bertengkar sesame kolega, atau jadi prustasi karena desain yang baik telah ditolak oleh manajer engineering yang hanya mau fokus pada memperbaiki bug” menurut Kawano.

Artinya, organisasi di Apple memungkinkan inovasi yang lahir adalah karena konflik kepentingan, politik kantor, dan racun-racun sejenis yang tidak berhubungan pada tim desain. Tanpa adanya hal tersebut, tim desainer bisa lebih fokus pada pekerjaannya.

Mitos 2: sumber daya tak terbatas
Kawano berujar, Apple sering dianggap memiliki tim desain yang tidak terbatas. Pada kenyataannya, perusahaan ini hanya memiliki sekitar 100 orang untuk menangani desain. Jika dibandingkan dengan Facebook dan Google, mereka bahkan telah memiliki ratusan hingga ribuan orang.

Tim desain Apple sangat kecil hingga kawano telah mengenal semua nama dalam tim tersebut. Kawano mengatakan jika tim yang besar ternyata tidak selalu menghasilkan kualitas yang diinginkan.

Mitos 3: aturan baku dan terperinci
Selama ini masyarakat terlalu percaya jika Apple telah membuat produk dengan penuh kehati-hatian, seakan-akan ada sebuah arahan dari Apple sendiri bahwa setiap hal kecil yang didesain harus diperhatikan.

Menurut Kawano, padahal hal kecil yang membuat teknologi iOS maupun OS X itu diciptakan pada saat desainer sedang santai. Didalamnya tidak ada aturan baku yang harus dipatuhi oleh para desainer Apple. Bahkan kebanyakan sekelompok orang merasa senang dan nyaman dalam berbagai ide.

Mitos 4: Steve Jobs itu menakutkan
Mitos terbesar pada tubuh Apple berasal dari Steve Jobs. Kabarnya, Jobs selalu menuntut kesempurnaan dan keras dalam hal pekerjaan hingga membuat karyawannya selalu cemas dan takut. Pada kenyataannya, karyawan yang bekerja di Apple itu merupakan orang-orang yang memiliki gairah untuk belajar dari Steve Jobs. Mereka mempunyai dedikasi terhadap konsumen dan produk. Meskipun Steve Jobs orang yang rewel, ia merupakan seorang yang demokratis dan ingin diperlakukan seperti orang lain.

0 Response to "Beberapa Mitos Tentang Apple dan Kenyataannya"

Posting Komentar