5 Fakta Menarik Tentang JIS (Jakarta International School)

Baru-baru ini kita dikagetkan dengan berita pelecehan seksual terhadap anak yang terjadi di JIS (Jakarta International School). Namun, tahukah anda ada beberapa fakta-fakta menarik yang perlu anda ketahui tentang latar belakang sekolah ini, langsung saja mari kita simak 5 fakta menarik tentang JIS berikut ini:

Jakarta International School
JES (Joint Embassy School) - 1951

1. JIS didirikan oleh pekerja PBB
Bermula dari pendirian sekolah bernama JES (Joint Embassy School) pada tahun 1951 yang artinya sekolah gabungan kedutaan antar Negara yang beranggotakan dari Indonesia, Inggris, Australia, Yugoslavia dan Amerika Serikat. Saat itu statusnya diakui oleh Negara, tetapi pada tahun 1978 sekolah tersebut berganti nama menjadi JIS (Jakarta International School) hingga saat ini.

2. Orang-orang popular yang pernah sekolah di JIS
Selain Cinta Laura artis blasteran kita ternyata orang-orang hebat ini pernah sekolah JIS, siapa saja mereka?
  • Aditya Mittal, merupakan lulusan JIS yang kemudian melanjutkan pendidikan tinggi di Wharton School of the University of Pensylvania di AS. Saat ini ia menjabat sebagai Chief Financial Officer di Arcellor Mittal, perusahaan yang bergerak dalam industri baja global. Ia juga menduduki peringkat ke-4 dalam 40 pengusaha berusia di bawah 40 tahun versi Fortune Magazine.
  • Angela Kinsey, seorang aktris di AS. Ia dikenal karena perannya sebagai akuntan serius bernama Angela Martin dalam serial televisi NBC, The Office.
  • Atika Shubert, adalah seorang jurnalis kantor berita CNN di biro London sejak akhir 2008 lalu. Sebelumnya, ia merupakan koresponden The Washington Post dan The New Zealand Herald di Indonesia. Dia juga lulusan JIS dan menempuh pendidikan tinggi di Tufts University di Medford, Massachusetts, AS.
  • Erin McLeod, merupakan seorang pemain sepak bola putri dan anggota Tim Nasional Sepak Bola Putri Kanada. Saat ini ia bermain untuk Houston Dash di Liga Sepak Bola Nasional Putri di Kanada.
  • Roger Mathey merupakan seorang sutradara Amerika yang meraih penghargaan teater serta dramawan, aktor, dan juga produser. Dramanya telah dipentaskan di Los Angeles, Orange County, Bakersfield, dan San Francisco di California, dan juga di Denver, Colorado.
  • Maya Soetoro Ng, adalah adik tiri Presiden AS, Barrack Obama. Dia adalah guru sejarah di SMA dan instruktur universitas di Hawai
3. Nasionalisme di JIS dipertanyakan?
Fakta terungkapnya kasus sodomi di Jakarta International School ini, semakin mengembangkan betapa buruknya kualitas dan bukan menjadi jaminan keamanan melihat dari segi ekonomi sekolah ini sangat mahal. Namun, sekolah ini didirikan tidak berdasarkan rujukan undang-undang di Negara kita yang mengharuskan adanya pendidikan nasional seperti pelajaran Agama, Bahasa Indonesia dan kewarganegaraan. Hal ini, sungguh sangat jelas jadi pertanyaan mengenai moral dan tujuan dari sekolah tersebut untuk didirikan.  

4. Apakah JIS merupakan sindikat pedofil?
Masih dipertanyakan hingga saat ini tentang sindikat pedofilia, namun berdasarkan fakta internasional ada sosok predator anak tersebut yang bernama William James Vahey.
Dia merupakan buronan FBI, tak tanggung-tanggung dia telah beraksi di berbagai Negara karena kasus pelecehan seksual pada anak-anak. Namun, pada akhirnya ia bunuh diri dengan tragis.

FBI menemukan fakta bahwa tidak kurang dari 90 anak menjadi korban Vahey dan FBI masih mencari korban lain. Meski tidak ada hubungan dengan kasus M yang menjadi korban sodomi di TK JIS baru-baru ini, tentu mengerikan mengetahui bahwa seorang penjahat anak berada di Indonesia selama 10 tahun.

Berikut sekolah yang pernah diajar oleh predator anak tersebut seperti diungkap CNN:
  1. American Nicaraguan School di Managua, Nicaragua (2013-2014)
  2. Southbank International School di London, UK (2009-2013)
  3. Escuela Campo Alegre di Caracas, Venezuela (2002-2009)
  4. Jakarta International School di Jakarta, Indonesia (1992-2002)
  5. Saudi Aramco Schools di Dhahran, Arab Saudi (1980-1992)
  6. American Community School di Athena, Yunani (1978-1980)
  7. Passargad School di Ahwaz, Iran (1976-1978)
  8. American School of Madrid di Spanyol (1975-1976)
  9. American Community School of Beirut di Lebanon (1973-1975)
  10. Tehran American School di Iran (1972-1973) 

5. Gaji guru asing yang "WOW"
Adanya perbandingan gaji guru antara pengajar asing dan pengajar dari Indonesia di sekolah ini, dimana perbedaannya sangat jauh. Bayangkan saja, para pengajar asing dapat mengantongi upah minimal sekitar 50 juta rupiah sampai dengan 100 juta. Sedangkan, pengajar dari Indonesia menerima upah minimal sekitar 15 sampai dengan 50 juta rupiah perbulan. Mengapa hal itu bisa terjadi? Apakah kualitas pengajar dari negeri kita sangat jauh hingga dari segi upah bisa sedemikian radikal perbedaannya?

Dengan adanya hal ini, mudah-mudahan pemerintah dapat menelusuri secara mendalam kejadian ini.

Author : [AJ]

0 Response to "5 Fakta Menarik Tentang JIS (Jakarta International School)"

Posting Komentar