Tips Membersihkan Telinga dengan Baik

Penyeka kapas atau yang lebih dikenal dengan cotton bud adalah alat yang banyak digunakan masyarakat untuk membersihkan telinga selain air dan sabun. Tapi sebuah study baru telah ditemukan bagaimana agar Anda berpikir dua kali sebelum menggunakan cotton bud atau penyeka kapas tersebut.

Tips Membersihkan Telinga

Study dari Henry Ford Hospital telah mengkonfirmasi bahwa cotton bud memiliki hubungan dengan kerusakan telinga di bagian dalam. Dari study tersebut, dimana saluran telinga dapat menyebabkan gangguan pendengaran akibat penggunaan dari cotton bud.

Alasannya adalah cotton bud dapat mendorong serumen atau lilin sehingga menyebabkan saluran telinga tersumbat. Bahkan bisa lebih parahnya lagi adalah rusaknya pendengaran karena gendang telinga pecah.

Meski begitu, cotton bud bukan berarti tidak boleh untuk digunakan. Melainkan alat tersebut dapat digunakan secara lembut pada telinga bagian luar tanpa memasuki saluran telinga.

Selain itu, peneliti mengkonfirmasi bahwa serumen sebenarnya adalah pelumas alami yang bertugas melindungi bagian dalam telinga dari elemen asing. Menurut Rachel Pritzker, seorang dokter spesialis asal Chicago ini, orang-orang tidak perlu merasa khawatir dengan itu dan membersihkan seluruhnya.

Jika ingin membersihkan telinga dengan baik dan bersih, studi menyarankan agar menggunakan campuran peroksida dingin atau cuka dengan air hangat sebagai tetes telinga. Dimana cairan tersebut dapat mengirigasi saluran telinga. Cara menggunakan cairan tersebut yaitu dengan meneteskan cairan empat sampai lima tetes kedalam saluran telinga. [RJ]

Sumber : www.menshealth.com / www.kompas.com

0 Response to "Tips Membersihkan Telinga dengan Baik"

Posting Komentar